Rabu, 18 Maret 2009

Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research): Pedoman Praktis bagi Guru Profesional



PRAKATA

Kehadiran buku ini didasari pertimbangan berikut. Selama ini guru-guru sudah sering mendapatkan teori penelitian tindakan kelas (PTK) lewat berbagai forum seminar dan/atau lokakarya yang berlabel “PTK” tetapi sebagian besar di antara mereka tetap saja kurang – bahkan tidak – dapat melaksanakan PTK sesuai dengan yang diharapkan. Biangnya adalah materi yang dibicarakan dalam forum ilmiah “bergengsi” tersebut masih berkutat pada tataran teoretis dan belum menyentuh kebutuhan praktis. Akibatnya, ketika mereka dihadapkan padan langkah-langkah konkret apa yang harus dilakukan ketika melaksanakan PTK, mereka tetap saja dirundung kecanggungan dan kebingungan.
Kedua, ketika lima tahun terakhir ini penulis dimintai bantuan oleh sekelompok guru untuk melakukan pendampingan pelaksanaan PTK, mereka ternyata dapat melaksanakannya dengan lancar mulai pada tahap perencanaan, pelaksanakan, sampai pada tahap pelaporan. Keberhasilan ini bukan karena penulis ikut campur dalam pelaksanaannya, tetapi hanyalah memberikan saran-saran konkret apa yang harus mereka lakukan setiap tahapan PTK. Akibat lanjutnya adalah para guru yang sebelumnya kepangkatan mereka macet pada golongan IVA sekarang naik menjadi IVB, bahkan empat tahun berikutnya menjadi IVC. Kelancaran ini karena syarat utama yang berupa karya PTK mendapatkan nilai maksimal dari Tim Penilai Provinsi atau Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan LPMP) Provinsi.
Sebagai bagian dari kewajiban moral, pengalaman keberhasilan pendampingan tersebut perlu penulis tularkan kepada para guru yang selama ini mendambakan keberhasilan pelaksanaan PTK. Apakah karena mereka dilatarbelakangi oleh kemacetan kenaikan pangkat atau memang ingin menjadi sosok guru yang profesional karena selalu ingin meningkatkan keberhasilan dalam kegiatan instruksionalnya. Atas pertimbangan itulah, buku bertajuk Melaksanakan PTK itu Mudah ini disusun. Semoga upaya ini ada guna dan manfaatnya bagi para “pahlawan pendidikan” demi masa depan anak bangsa.
Terakhir, ucapkan terima kasih penulis sampaikan kepada semua pihak yang karya-karyanya terkutip dalam buku ini yang semata-mata demi memperjelas wawasan pembaca. Atas keikhlasannya, sekali lagi penulis ucapkan terima kasih.


Malang, Januari 2009


Masnur Muslich


DAFTAR ISI

Prakata
Daftar Isi
Bab 1 Menengok Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas
Ada apa dengan PTK?
Dari mana istilah PTK muncul?
Apa itu PTK?
Apa Tujuan PTK?
Apa karakteristik PTK?
Mengapa guru dianggap paling tepat untuk melakukan PTK?
Apa Manfaat PTK?

Bab 2 Mengembangkan Fokus Masalah dan Tujuan PTK
a. Munculnya masalah
b. Mengidentifikasi masalah
c. Memfokuskan masalah yang telah teridentifikasi
d. Memprioritaskan masalah yang akan dipecahkan
e. Mendiagnosislah kemungkinan penyebab masalah dan alternatif tindakan perbaikannya

Bab 3 Merencanakan Alernatif Tindakan
a. Merumuskan pemecahan masalah dalam bentuk hipotesis tindakan
b. Menganalisis kelaikan hipotesis tindakan
c. Mempersiapkan Tindakan

Bab 4 Melaksanakan dan Mengobservasi Tindakan
a. Mengobservasi tindakan
b. Teknik-teknik observasi dalam penelitian tindakan

Bab 5 Menganalisis dan Merefleksi Hasil Tindakan
a. Menganalisis data
b. Merefleksi hasil analisis

Bab 6 Menyusun Laporan PTK
a. Bagian awai laporan PTK
b. Bagian isi atau tubuh laporan PTK
c. Bagian akhir laporan PTK

Bab 7 Menyusun Proposal PTK
a. Hakikat dan fungsi proposal PTK
b. Bagian awal proposal PTK
c. Bagian isi proposal PTK
d. Bagian akhir proposal PTK

Daftar Pustaka
Lampiran
Lampiran 1: Contoh Judul Penelitian Tindakan Kelas
Lampiran 2: Contoh Artikel PTK ”Efektivitas Pembelajaran Geografi Melalui Metode Out Door Study dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa” oleh Ninik Widayanti
Lampiran 3: Contoh Artikel PTK Role Play: Suatu Alternatif Pembelajaran Yang Efektif dan Menyenangkan dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa SLTP Islam Manbaul Ulum Gresik” oleh Mudairin
Lampiran 4: Contoh Artikel PTK ”Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Teknik KWL dan Permainan Bahasa” oleh : Jafrizal *)
Lampiran 5: Contoh Artikel PTK “Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Teknik Skema” oleh Fuad Asnawi\
Lampiran 6: Contoh Artikel PTK “Pendekatan Joyful Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)” oleh Sri Hayati

====
Ingin membaca selengkapnya? Anda dapat memperolehnya di toko buku terdekat atau ke Penerbit Bumi Aksara.